Cara Membuat Slideshow Postingan di Blog WordPress

Cara membuat slideshow postingan di blog tidak harus dengan menggunakan plugin tambahan dari pihak luar. WordPress sudah menyediakan fitur slideshow bawaan yang bisa Anda gunakan tanpa banyak kesulitan.

Sebelum memasuki langkah-langkah pembuatan slideshow, Anda perlu mengetahui beberapa hal mendasar mengenai slideshow. Fitur ini digunakan untuk menampilkan beberapa postingan di halaman depan dalam format slide.

Yang menjadi pusat perhatian adalah Featured Image dari postingan blog Anda. Featured image ini akan ditampilkan dalam ukuran besar disertai dengan caption di bagian bawah. Misalnya, untuk postingan berjudul cara membuat Google Form, gambar yang Anda buat juga harus berkaitan dengan Google Form.

Ada banyak model slideshow yang bisa Anda pilih. Model bawaan WordPress adalah standard dan carousel dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Cara Membuat Slideshow Postingan di Blog

1. Siapkan Gambar

Pertama, siapkan beberapa gambar yang ingin Anda tampilkan di slideshow. Berikut ini beberapa kriteria gambar yang harus Anda penuhi:

  1. Resolusi tinggi. Tujuannya agar gambar tidak pecah saat ditampilkan dalam ukuran besar
  2. Format JPEG. Format gambar ini dinilai paling pas dan tajam untuk berbagai ukuran.
  3. Dimensi yang ideal sesuai perbandingan panjang dan lebar slideshow. Jangan lupa untuk mempertimbangkan tampilan gambar di perangkat mobile. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan gambar atau ilustrasi yang dimensinya bisa disesuaikan tanpa mengurangi kualitasnya.
  4. Usahakan untuk menggunakan gambar buatan sendiri atau dari sumber gratis agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta. Jika Anda mencantumkan gambar dari sumber lain, jangan lupa untuk menyertakan sumber asalnya.

Empat kriteria di atas adalah bagian penting dalam cara membuat slideshow postingan di blog yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa mengacu pada ceritamedia.com untuk melihat gambar-gambar berkualitas tinggi yang ideal untuk dipasang di blog.

Langkah selanjutnya adalah mengunggah gambar tersebut ke WordPress. Klik Add Media untuk menampilkan menu media tempat Anda menyimpan kumpulan gambar untuk post dan slideshow.

Klik insert Media untuk mengunggah gambar baru. Pilih direktori tempat Anda menyimpan gambar-gambar tadi, lalu unggah semuanya ke media WordPress Anda. Berikan caption dan link untuk masing-masing gambar.

Caption harus sesuai dengan isi artikel. Misalnya, jika artikel Anda tentang cara menghapus aplikasi di laptop, maka caption Anda juga harus tentang topik tersebut.

Jangan klik tombol Insert Into Post. Tombol ini digunakan untuk memasukkan gambar ke dalam postingan. Setelah gambar berhasil diunggah, lanjutkan ke langkah kedua.

2. Buat Galeri

Masih dari menu media, klik Create Gallery. Menu ini digunakan untuk membuat galeri berisi sekumpulan media. Di artikel ini kita akan membuat galeri gambar dan menampilkannya sebagai slideshow.

Pilih gambar mana saja yang ingin Anda masukkan ke dalam slideshow. Umumnya, slideshow terdiri dari 3 hingga 10 gambar. Biasanya dipilih berdasarkan popularitas atau tanggal posting. Jumlah ini relatif, Anda bisa memasukkan lebih banyak gambar ke slideshow sesuai keinginan Anda.

cara membuat slideshow postingan di blog

Setelah Anda memilih beberapa gambar, klik Create a New Gallery di pojok kanan bawah. Anda akan diarahkan ke bagian selanjutnya.

Di bagian kanan, Anda bisa menyesuaikan opsi galeri sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda belum memahami fungsi dari masing-masing opsi, kami sarankan untuk menerapkan pengaturan berikut:

  • Ubah ‘Link To’ ke None dan ‘Column’ ke 1
  • Untuk format Standard, ubah tipe ke Slideshow
  • Untuk format carousel, ubah tipe ke Thumbnail Grid

3. Cara Membuat Slideshow Postingan di Blog Standard VS Carousel

Memahami perbedaan model standard dan carousel sangatlah penting dalam cara membuat slideshow postingan di blog. Keduanya sama-sama menampilkan gambar dari slide satu sampai slide terakhir. Perbedaannya terletak pada tampilan dan metode slide antar gambar.

Standard

cara nembuat slideshow postingan di blog

Untuk slideshow bermodel standard, gambar akan ditampilkan dalam ukuran besar, bahkan hampir memenuhi slide. Keuntungannya adalah gambar dapat terlihat lebih jelas sekaligus lebih menarik. Dengan catatan bahwa gambar Anda harus beresolusi tinggi. Kalau tidak, hasilnya pasti buram.

Kekurangannya, karena gambar berukuran sangat besar, caption Anda akan ditampilkan tepat di atas gambar. Masalah akan muncul jika warna teks caption bertabrakan dengan warna gambar bagian bawah. Misalnya sama-sama putih, sudah pasti caption Anda tidak terbaca.

Selain itu, slide di model standard akan berganti secara otomatis sehingga pengunjung perlu menekan tombol pause jika ingin memerhatikan salah satu slide. Tapi dari segi kompatibilitas, model standard lebih stabil dan tampilannya maksimal di semua perangkat.

Carousel

cara membuat slideshow postingan di blog

Carousel adalah salah satu cara membuat slideshow postingan di blog dengan tampilan futuristik. Gambar ditampilkan dalam ukuran yang lebih presisi sehingga memberikan ruang yang cukup untuk penempatan caption. Kelebihannya, caption akan jelas terbaca karena terpisah dari gambar.

Pengunjung juga bisa berpindah dari satu slide ke slide lainnya melalui tombol yang disediakan. Ini memberikan lebih banyak waktu pada pengunjung untuk mengamati slide tertentu yang menarik perhatian mereka.

Kekurangan carousel terletak pada kompatibilitas. Karena termasuk dalam fitur baru, tidak semua perangkat bisa menampilkan slideshow carousel secara maksimal. Tampilan slideshow di beberapa resolusi layar mungkin tidak tampak seperti yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Selain cara di atas, tentu saja Anda juga bisa menggunakan slideshow dari sumber lain. Banyak fitur menarik WordPress yang disediakan oleh pihak ketiga. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

Apa pun pilihan Anda, cara membuat slideshow postingan di blog yang kami sampaikan di atas adalah solusi yang paling mudah dipraktekkan, khususunya bagi blogger pemula.

More Articles for You

Cara Membuat Avast Free Menjadi Pro Tanpa Crack dan Keygen

Cara membuat Avast Free menjadi Pro biasanya dilakukan dengan bantuan crack atau keygen. Perlu kami tekankan bahwa cara ini sangat …

Cara Mengetahui Pemakai WiFi dengan Aplikasi Terbaik

Cara mengetahui pemakai WiFi yang paling umum adalah melalui router wireless. WiFi Anda pasti dipancarkan oleh sebuah perangkat khusus yang …

Cara Membuat Spasi di HTML dengan 3 Metode

Ada beberapa cara membuat spasi di HTML yang bisa Anda coba. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, bahasa markup …

Cara Mendapatkan Koin di LINE Tanpa Mengeluarkan Uang

Ada beberapa cara mendapatkan koin di LINE yang bisa Anda coba. Koin LINE diperlukan untuk membeli berbagai jenis item seperti …

Cara Menambah Pixel Kamera Depan Tanpa Root Android

Cara menambah pixel kamera depan kerap dilakukan dengan beragam metode yang mengharuskan Anda melakukan root Android terlebih dahulu. Perlu kami …

Tutorial Cara Flash Lenovo S580 Via Downloader Tools

ceritamedia.com – Jika anda menggunakan hp Lenovo S580 dan mengalami eror begini cara Flash Lenovo S580. Sebelum kita membahas bagaimana …